Welcome to my blog :)

Rabu, 12 Oktober 2011

Pengalaman Mengikuti Organisasi

A. Pengertian Osis

1. Secara Sistematis

OSIS ( Organisasi Siswa Intra Sekolah ), berdasarkan surat keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah nomor 226/C/Kep/o/1993 di sebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS. masing- masing Arti dari OSIS sebagai berikut:

Organisasi

Secara umum adalah kelompok kerjasama antar pribadi untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini organisasi yang dimaksud adalah kelompok kerjasama antar siswa dalam rangka mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan.

Siswa

peserta didikpada satuan jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Intra

Berarti terletak di dalam dan diantara. Sehingga Osis adalah suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan di lur lingkungan sekolah yang bersangkutan.

Sekolah

Merupakan satuan pendidikan, tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar yang berjenjang dan berkelanjutan.

2. Secara Organisasi
OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi yang diselengggarakan di sekolah, oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuknya.

3. Secara Fungsional
Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan khususnya di bidang pembinaan kesiswaan arti yang lebih jauh dalam pengertian Osis adalah sebagai salah astu dari empat pembinaaan kesiswa.

4 Secara siste


Ciri dari OSIS sebagai suatu sistem adalah
a. berorientasi pada tujuan
b memiliki susunan kehidupan kelompok
c. terorkodinasi
d. berkelanjutan dalam waktu tertentu

B. Peranan Osis

Osis memiliki peranan sebagai berikut:

1. Sebagai Wadah

OSIS merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah, bersama dengan jalur pembinaan lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan. contohnya wadah bagi siswa dalam belajar melatih mental kepemimpinan.

2. Sebagai penggerak/ Motivator

OSIS sebagai motivator adalah perangsang yang menyebabkanlahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan. OSIS akan tampil sebagai penggerak apabila para pembina dan pengurus mampu membawa ODIS untuk selalu dapat menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan yang diharapkan.

3. Peranan yang bersifat preventif

( Sumber: http://www.scribd.com/doc/23711066/Pengertian-Dan-Peranan-Osis )

Pengalaman dan Pengaruh dalam Mengikuti OSIS


Untuk pengalaman mengikuti organisasi untuk diri saya sendiri sangatlah minim. Jujur saja, tidak banyak organisasi-organisasi yang saya ikuti bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada sama sekali. Organisasi yang pernah saya ikuti adalah Osis di SMP. Mengikuti kegiatan OSIS selama di SMP cukup membantu saya dalam belajar bagaimana cara berorganisasi meskipun masih dalam skala kecil. Adapun alasan mengikuti OSIS selain untuk belajar berorganisasi, juga untuk mempelajari bagaimana berinteraksi dengan banyak orang yang memiliki sifat-sifat dan kelakuan yang berbeda.
Pengaruh dari mengikuti OSIS di SMP itu sendiri bagi saya sendiri adalah saya sedikit lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang lain dimana sejak kecil saya sedikit kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan keluarga, belajar berani mengungkapkan pendapatan dengan baik dan sopan serta saya juga diajak untuk berpikir lebih terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar