Welcome to my blog :)

Sabtu, 29 Oktober 2011

Jenis organisasi berdasarkan tujuan

Salah satu faktor penting dalam membentuk suatu organisasi adalah ditentukannya bentuk organisasi. Bentuk organisasi bisa bermacam-macam tergantung latar belakang dan tujuan pembentukan organisasi tersebut. Berikut adalah macam-macam organisasi berdasarkan tujuannya.

1. Organisasi Niaga
Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah mencari keuntungan atau sering disebut sebagai organisasi Profit Oriented.
Macam-macamnya antara lain adalah:
1. Perseroan Ternatas (PT)
2. Perseroan Komanditer (CV)
3. Firma (FA)
4. Koperasi
5. Join ventura, dan lain-lain.
Organisasi ini biasanya bergerak di bidang perdangan, industri, dan jasa.

2. Organisasi Sosial
Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat yang bertujuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Organisasi semacam ini biasanya disebut pula sebagai organisasi nonprofit, karena memang bukan untuk mencari keuntungan/ profit. Adapun jalur-jalut pembentukan organisasi sosial adalah:
1. Jalur Keagamaan
Organisasi ini berlatar belakang agama. Sehingga kegiatan yang disoroti adalah yang berhubungan dengan agama. Contohnya NU, Muhammadaiyah, dan lain-lain.
2. Jalur Profesi
Kadang kala golongan pekerjaan tertentu memerlukan satu wadah, baik untuk menjalin silaturahmi atau sebagai wadah penyampaian aspirasi. Organisasi ini akan memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan profesi mereka. Sebagai contoh adalah PGRI(Persatuan guru Republik Indonesia), Sarekat Pekerja dalam perusahaan-perusahaan, Perkumpulan Pengusaha Mebel, dan lain-lain.
3. Jalur Kepemudaan
Sesuai namanya, organisasi ini bergerak di bidang kepemudaan dan biasanya kepengurusannya adalah orang-orang muda. Misalnya adalah Indonesia Unite, atau di zaman kebangkitan nasional seperti Jong Java, Jong Celebes, Pemuda Pasundan, dan lain-lain.
4. Jalur Kemahasiswaan
Organisasi ini digawangi oleh mahasiswa dan tujuannya biasanya tidak jauh dari kepentingan mahasiswa. Contohnya BEM, Himpunan Mahasiswa Selluruh Indonesia, dan sebagainya.
5. Jalur Kepartaian & Kekaryaan

sumber: http://ramundro.blogspot.com/2011/10/jenis-jenis-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar